BAB 1
BELAJAR MENDESKRIPSIKAN
KOMPETENSI DASAR
3.1.
Mengidentifikasi Informasi dalam teks deskripsi tentang objek ( Sekolah,
Tempat Wisata, Tempat
Bersejarah, dan atau Suasana Pentas Seni
Daerah) yang didengar atau dibaca.
4.1. Menentukan
isi teks deskripsi objek ( Sekolah, Tempat Wisata, Tempat Bersejarah, dan atau
Suasana Pentas Seni Daerah) yang
didengar atau dibaca.
3.2. Menelaah
struktur dan unsur kebahasaan dari teks deskripsi tentang objek ( Sekolah,
Tempat
Wisata, Tempat Bersejarah, dan atau Suasana Pentas Seni
Daerah) yang didengar atau dibaca.
4.2. Menyajkan
data, gagasan , kesan dalam bentuk teks deskripsi tentang objek ( Sekolah,
Tempat
Wisata, Tempat Bersejarah, dan atau Suasana Pentas Seni
Daerah) yang didengar atau dibaca.
Secara tulis dan lisan dengan memperhatikan struktur, kebahasaan baik secara lisan maupun tulisan.
TEKS DESKRIPSI
3.1. Pengertian
Kata deskripsi berasal dari Bahasa latin Describere yang
berarti menggambarkan atau melukiskan sesuatu hal. Secara istilah pengertian
teks deskripsi adalah suatu bentuk karangan yang melukiskan suatu keadaan yang
sebenarnya, sehingga pembaca dapat mencitrai ( melihat, mendengar, mencium,
merasakan) apa yang dilukiskan itu sesuai dengan citra penulisnya.
1.
Mengidentifikasi Ciri
objek, Tujuan , dan Isi teks Deskripsi
objek - tujuan - ciri isi teks deskripsi
2.
Klasifikasi/ jenis teks deskripsi
ü Deskripsi orang
ü Deskripsi tempat
3.
Mendaftar ciri penggunaan Bahasa pada Teks Deskripsi
·
Sinonim = persamaan
kata yang bersifat khusus
Contoh : Baik – ramah- murah senyum
·
Kalimat berisi penjelasan
terperinci untuk mengkonkretkan
Contoh : Ibuku orang yang sangat baik ( Dia berusaha menolong semua orang. Ramah dan tutur
katanya lembut)
·
Menggambarkan objek dengan panca
indra, seakan melihat, mendengar, dan merasakan objek yang dideskripsikan.
Contoh : Kulitnya kuning langsat ( melihat )suara
ombak saling bergemuruh ( mendengar)
·
Menggunakan Pilihan emosi
kata yang kuat
Contoh : Baik – tulus, ramah, penuh kasih.
·
Terdapat Majas. Majas yang
umum dipergunakan yaitu personifikasi ( majas yang menggambarkan benda mati
seolah-olah hidup dan melakukan sesuatu seperti yang dilakukan manusia)
Contoh : Batu karang besar siap menjaga gempuran ombak yang datang setiap saat.
4.1. MENENTUKAN ISI TEKS DESKRIPSI
Isi teks
deskripsi dapat ditemukan dengan cara menganalisis unsur 5W + 1H / ADIKSIMBA
What -
Apa
Where - Dimana
When -
Kapan
Who - Siapa
Why - Mengapa
How - Bagaimana
TUGAS 1 TEKS DESKRIPSI dikumpul Sabtu 31 Juli 2021 batas jam 6 sore beserta tugas merangkum
(di GCR tugas 1)
KERJAKAN
LATIHAN SOAL HAL AMAN 14 NO. 1 (A,
B,C,DAN D)
TULIS SOAL
DAN JAWAB BERDASARKAN TEKS “PESONA PANTAI SENGGIGI”
3.2.
MENELAAH STRUKTUR DAN KAIDAH BAHASA TEKS DESKRIPSI
·
Mencermati struktur teks deskripsi
Ø
Identifikasi
Berisi nama/identitas
objek yang dideskripsikan, lokasi, sejarah lahirnya, gambaran umum tentang
objek.
Ø
Deskripsi bagian
Berisi tentang
gambaran-gambaran yang lebih jelas mengenai objek yang dideskripsikan.
Ø
Penutup
Simpulan / kesan yang
diberikan setelah menjelaskan objek
·
Kaidah kebahasaaan Teks Deskripsi
Ø
Rujukan kata ( Padanan Kata)
Ø
Konjungsi
Ø
Kata berimbuhan
Ø
Kelompok kata
TUGAS 2 TEKS DESKRIPSI dikumpul
Sabtu, 7 Agustus 2021 (dikirim di GCR tugas 2)
1. ANALISIS
STRUKTUR TEKS “ PESONA PANTAI SENGGIGI”. Buat menggunakan kolom seperti contoh
analisis struktur halaman 18-19 ( Rumah Tongkonan)
ANALISIS STRUKTUR TEKS PESONA
PANTAI SENGGIGI |
|
1.
IDENTIFIKASI |
……… |
2.
DESKRIPSI BAGIAN |
………….. |
3.
PENUTUP |
………… |
2. ANALISIS
KAIDAH KEBAHASAANNYA ( RUJUKAN KATA, KONJUNGSI, KATA BERIMBUHAN, DAN KELOMPOK
KATA)
MASING-MASING DIISI 1 CONTOH SAJA
(DIPILIH) |
|
KAIDAH
KEBAHASAAN |
CONTOH
KALIMAT DALAM TEKS |
1. RUJUKAN KATA |
Pantai ini sangat sering didatangi pengunjung |
2. KONJUNGSI/kata penghubung |
Warga dan pantai ini saling bergantung
hidupnya. |
3. KATA BERIMBUHAN |
|
4. KELOMPOK KATA |
|
No comments:
Post a Comment